Minggu, 14 April 2013

Van der Sar Sanjung De Gea yang Juga Terampil Gunakan Kaki


Getty Images
Manchester - Edwin van der Sar melontarkan pujian atas penampilan David De Gea di Manchester United musim ini. Kiper Spanyol itu disebut telah berhasil memperlihatkan alasan kenapa diboyong ke Old Trafford.

Dalam musim pertamanya bersama 'Setan Merah' De Gea memang beberapa kali dikritik karena penampilannya yang kurang mantap di bawah mistar gawang. Tetapi musim ini kiper berusia 22 tahun itu bangkit dan tampil menawan dan ikut membantu MU cuma kebobolan 33 gol di 31 partai liga sejauh ini.

Van der Sar, yang sebelumnya mengawal gawang MU, menilai bahwa De Gea memang cuma butuh beradaptasi saja dengan kompetisi Inggris sebelum akhirnya bisa benar-benar unjuk gigi.

"Aku dulu langsung beradaptasi di United tapi saat itu usiaku 34 tahun dan aku sudah bermain selama empat tahun di Inggris bersama Fulham," kata van der Sar di Daily Star.

"Anda harus membiasakan diri dengan permainan di Inggris--umpan silang yang datang, sepak pojok, dan penontonnya. Lebih mudah buatku datang di usia 34 tahun ke United."

"Tapi aku pikir De Gea sudah sudah berkembang. Ia menjalani musim pertama yang cukup berat, tapi ia mulai terbiasa dan kini memperlihatkan kemampuan yang membuatnya direkrut Sir Alex Ferguson. Itu fantastis buat klub dan dirinya sendiri," sambungnya.

Mengomentari gaya De Gea, van der Sar kemudian menyoroti betapa ia acapkali melakukan penyelamatan dengan kakinya. Pria asal Belanda itu menyebut bahwa ini memperlihatkan betapa De Gea bukan cuma oke menggunakan tangan tetapi juga terampil dengan kaki guna mencegah bola masuk ke gawangnya.

"Ia membuat banyak penyelamatan dengan kakinya, tapi aku pun begitu. Aku takkan bisa melakukan penyelamatan seperti yang ia lakukan di Madrid ketika menghadapi Real di Liga Champions, itu sebuah penyelamatan unik. Tapi secara umum tak penting bagaimana caranya, asalkan Anda menyetop bolanya."

"Anda (kiper) bisa menggunakan seluruh tubuh untuk melakukannya. Seorang pemain outfield tak boleh menggunakan tangan, tapi kiper boleh menggunakan kaki. De Gea luar biasa dengan kakinya, jadi kenapa tidak?" lugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar