Jumat, 15 Maret 2013

'Setan Merah' Menghadapi 10 Laga Krusial


FOTO:Man United via Getty Images/John Peters
Jakarta - Mnchester United boleh unggul 12 poin atas Manchester City. Tapi, memasuki masa 10 pertadingan terakhir, bisa jadi 'Setan Merah' sedang memasuki masa-masa ujian.

"Jika Anda melihat skenarionya, sebenarnya tak banyak beda dengan musim lalu -- saat tertinggal delapan poin dengan ada enam pekan tersisa tahun lalu, sementara kali ini kami tertinggal 12 poin dengan masih ada 10 laga lagi," kata bek The Citizens, Gael Clichy.

Ucapan Clichy penuh makna. Entah sekadar psy war atau justru malah memaparkan fakta yang tidak terlihat oleh banyak mata. Yang jelas, ucapannya menunjukkan bahwa City belum kehilangan harapan apalagi menyerah.

Menarik untuk dinantikan bagaimana United bereaksi atas ucapan Clichy itu --dan yang lebih menarik lagi bereaksi atas hasil belakangan ini. The Red Devils mendapatkan hasil tidak memuaskan dalam dua laga kandang terakhir; satu dikalahkan Real Madrid, sementara yang lainnya ditahan imbang Chelsea ketika sempat unggul dua gol.

Masih ada beberapa laga relatif berat menanti Wayne Rooney dkk. dalam 10 pertandingan terakhir musim ini. Mereka masih harus menghadapi City, Arsenal, dan juga Chelsea. Yang menguntungkan buat United, hanya laga melawan Arsenal yang dilakukan di luar kandang.

Sebelum menghadapi City pada 8 April mendatang, United terlebih dulu menghadapi Reading (16/3) dan Sunderland (30/3). Seberapa pun level tim yang dilawan, tim besutan Sir Alex Ferguson itu layak waspada.

Berkaca pada omongan Clichy, bahwa keunggulan besar bisa hilang begitu saja, United memang punya pengalaman tidak menyenangkan musim kemarin.

Di 10 laga terakhir musim kemarin, ada beberapa hasil yang membuat United terpeleset. Tiga di antaranya adalah ketika dikalahkan Wigan 0-1, dikalahkan City 0-1, dan ditahan Everton 4-4.

United menang tujuh kali dalam 10 laga terakhir musim kemarin. Namun, hasil dari tiga pertandingan tersebut memang memengaruhi posisi di klasemen akhir. Wajar kalau Clichy kembali mengatakan bahwa satu hasil buruk saja bisa berakibat fatal untuk United.

Mereka yang mengikuti Premier League musim lalu pasti tahu akhirnya: City memangkas ketertinggalan delapan poin dan akhirnya menjadi juara karena keunggulan selisih gol.

Hasil 10 Pertandingan Terakhir Manchester United Musim 2011/12

Wolverhampton Wanderers: menang 5-0
Fulham: menang 1-0
Blackburn Rovers: menang 2-0
Queens Park Rangers: menang 2-0
Wigan Athletic: kalah 0-1
Aston Villa: menang 4-0
Everton: imbang 4-4
Manchester City: kalah 0-1
Swansea City: menang 2-0
Sunderland: menang 1-0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar