Selasa, 05 Maret 2013

Lawan MU, Kenapa Madrid Berlatih di Etihad Stadium?


FOTO:Alex Livesey/Getty Images
Manchester - Seperti Juventus yang berlatih di markas rival tim yang akan mereka hadapi, Real Madrid pun demikian. Klub Spanyol itu memilih memakai Etihad Stadium ketimbang Old Trafford.

Itulah yang dilakukan Madrid menjelang pertandingannya melawan Manchester United di leg kedua babak 16 besar Liga Champions malam ini, atau Rabu (6/3/2013) dinihari WIB.

Faktanya, Sergio Ramos dkk. kemarin melakukan latihan terbuka di Etihad Stadium, yang notabene merupakan stadion milik rival tetangga MU: Manchester City. (Salah satu aturan kompetisi adalah, setiap tim harus menggelar sebuah sesi latihan yang bisa diliput media massa.)

Sejak mengumumkan rencana tersebut empat hari lalu, kubu Madrid tidak memberi penjelasan mengenai alasan memilih tempat tersebut. Media-media massa pun lantas membuat spekulasinya sendiri-sendiri.

Kabarnya Jose Mourinho tak ingin latihan tim mereka dimata-matai pihak MU -- sesuatu yang konon pernah dilakukan beberapa kali oleh manajemen Alex Ferguson. Dugaan lain, Mourinho membutuhkan konsentrasi penuh dalam mempersiapkan diri, dan melakukannya tidak di Old Trafford dianggap lebih "tenang".

Versi lain, mungkin saja ini merupakan bagian dari "psy war" atau "mind game", yang mana Mourinho sudah dikenal sebagai salah satu ahlinya di dunia.

Tiga minggu lalu Juventus melakukan apa yang sedang dilakukan Madrid ini, yaitu berlatih di stadion milik tim rival calon lawannya. Menjelang pertandingannya melawan Celtic, "Si Nyonya Tua" menerima undangan Glasgow Rangers untuk memakai fasilitas latihan mereka di Murray Park.

Pilihan itu ditanggapi sinis oleh gelandang Celtic, Kris Commons. "Juve boleh latihan di kebun belakang rumahku. Takkan ada bedanya. Kalau mereka mau mempersiapkan diri di tempat latihan tim Divisi Tiga, ya silakan saja," cetusnya.

Rangers, yang di musim ini dikeluarkan dari Liga Primer Skotlandia di musim ini setelah dinyatakan kolaps keuangannya, dan diturunkan ke divisi tiga, pernah juga "memanas-manasi" Celtic ketika menawari klub lain untuk berlatih di tempat mereka.

Di tahun 2007 mereka mengizinkan klub Inggris Blackburn Rovers berlatih di tempat mereka sebelum bertanding melawan Celtic di pertandingan Piala UEFA.

Juventus, setelah jadi berlatih di Murray Park, tampil gemilang saat menghadapi Celtic di Celtic Park, dengan dukungan penuh suporter fanatiknya. Mereka membawa pulang kemenangan 3-0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar